Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Kreasione

11 Sungai Dapat Kiriman Lahar Dingin Merapi



Meski sempat terpantau menurun, aktivitas Gunung Merapi yang mengalami erupsi pada Rabu 10 November 2010, mengakibatkan dampak yang cukup luas. Sebelas sungai yang berhulu di puncak Merapi, mengalami kiriman lahar dingin.

Endapan lahar dingin itu meluas ke arah tenggara, selatan, barat daya, barat, dan barat laut, yang meliputi Kali Woro, Kali Kuning, Kali Boyong, Kali Bedog, Kali Krasak, Kali Bebebng, Kali Sat, Kali Lamat, Kali Senowo, Kali Trising, dan Kali Apu.

Berdasarkan informasi Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief, pada Rabu 10 November 2010, terjadi empat gempa vulkanik, dan terjadi gempa guguran sebanyai enam kali, dan sekali awan panas.

Dari hasil pemantauan visual, pada dini hari telah terjadi kepulan asap setinggi 800 meter pada pukul 03.58 WIB. Kolom asap setinggi 1,5 km berwarna putih kecoklatan pada pukul 10.00 WIB.

Keadaan ini mengakibatkan terjadinyan hujan abu yang sangat lebat di kawasan Sawangan, Talun, Muntilan, dan Krinjing, yang berakibat jarak pandang hanya 5 menter. Suara gemuruh terjadi dengan intensitas lemah dan sedang.

Berdasarkan pemantauan tersebut, disimpulkan aktivitas Merapi masih tinggi. "Dengan kondisi tersebut, maka status aktivitas Gunung Merapi masih tetap pada tingkat Awas (level 4). Ancaman bahaya Merapi dapat berupa awan panas dan lahar," jelas Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono.

Posted by Majalah Online .:KREASI SMANSA:. on 21.58. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for 11 Sungai Dapat Kiriman Lahar Dingin Merapi

Leave comment

Recent Entries

Recent Comments

Photo Gallery